Monday, March 03, 2008

[Hari ini hari apa? ] 3-3 3 Maret

Bagi yang tinggal di Jepang, apalagi yang punya anak perempuan pasti tahu hari ini hari apa. Kalau mau tahu detil dari Hina Matsuri (perayaan untuk anak perempuan) ini silakan baca pada postingannya Mega.

Hina Matsuri merupakan salah satu dari 5 sekku 節句 yaitu perayaan yang berakar dari Cina Kuno. Sekku pertama adalah tanggal 7 Januari (1-7) yang disebut dengan Jinjitsu 人日 atau Nanakusa no sekku. Disebut nanakusa karena pada hari ini dihidangkan "bubur 7 rumput" .... rumput di sini maksudnya sayuran. Mungkin bisa dibayangkan seperti Bubur Manado. (hmmm yummy bubur tinotoan pakai sambal dan ikan kering/ikan roa). Ternyata kalau ditelaah lebih lanjut, tanggal 1 Januari tidak boleh membunuh ayam, tanggal 2 Januari tidak boleh membunuh anjing, tanggal 3 monyet/babi, tanggal 4 domba, tanggal 5 sapi, tanggal 6 kuda, dan tanggal 7 orang (tidak boleh menghukum orang/tahanan). Dan pada hari ini sejak jaman Heian, orang-orang makan bubur 7 sayuran. Kemudian ada pula kebiasaan untuk memotong kuku pertama kali di tahun yang baru, dengan cara memasukkan jari ke air yang berisi 7 jenis sayuran tadi supaya kukunya lunak, baru kemudian dipotong. Dan katanya kalau melakukan kebiasaan ini maka selama satu tahun yang baru itu, tidak akan masuk angin.

Sekku kedua adalah tanggal 3-3 (3 Maret) yang disebut Momo no sekku. Ketiga tanggal 5-5 (5 Mei ) yang disebut Tanggo (Koinobori) untuk memperingati keselamatan anak laki-laki. Yang keempat tanggal 7-7 (7 Juli) yaitu tanabata dan tanggal 9 -9 (9September) disebut dengan Kiku no sekku, karena biasanya hari ini bungan Kiku (seruni) berkembang pada hari ini. Tanggal 3-3, 5-5 dan 7-7 selalu jatuh pada hari yang sama. Jadi kalau tanggal 3 ini adalah hari Senin, maka tanggal 5 Mei dan 7 Juli nanti adalah hari senin. Dari ke 5 sekku ini yang masih tetap dirayakan oleh masyarakat umum adalah tanggal 3-3, 5-5 dan 7-7.

Nah hari ini selain memperingati Hina Matsuri, ternyata hari ini juga ada hari TELINGA. iiih aneh ya tapi kalau dibaca memang 3-3 selain dibaca san-san juga bisa dibaca mi-mi (mimi = telinga). Jadi sodara-sodara, bersihkanlah telinga Anda hari ini hihihi. Ternyata tanggal 3 Maret juga merupakan hari lahir Alexander Graham Bell, sehingga juga diperingati untuk mereka yang tuna rungu.

Masih berkaitan dnegan Hina Matsuri, dulu pada jaman Edo, sering juga dipakai ikan mas koki (kingyo) sebagai hiasan di altar boneka Hina, sehingga hari ini juga disebut sebagai hari ikan mas koki. (Ibu-ibu jangan mentang-mentang hari ini hari ikan mas koki, jangan masak ikan mas koki ya.... nanti kucing-kucing pada nangis hihihi).

No comments: