Monday, October 08, 2007

Hakone

Pagi ini kita bertamasya bersama dengan tujuan ke Hakone dan Danau Yamanaka di kaki gunung Fuji. Aku pesan mobil rental di Toyota Rental Car sudah dari 3 hari yang lalu. Biasanya kita pinjam mobil di Nippon Rental Car, tapi karena tidak ada persediaan mobil yang besar lagi, maka aku coba hubungi TRC. Terlambat sih kita rencanain perjalanan ini. Setelah dapat rental car, baru aku pesan kamar di penginapan di danau Yamanaka, melalui online jalan.net.

Meskipun rencananya kita berangkat jam 7 pagi, akhirnya baru bisa keluar rumah sekitar jam 9 pagi. Heboh deh kalo bepergian segini banyak orang dan dengan bayi pula. Tante titin sudah nginap dari malam sebelumnya. Eeee ternyata kita akhirnya harus lewatin rumahnya dia di yokohama karena menghindar macet di highway... heheheh jad sebetulnya tante titin bisa kita jemput kan. Berkat macet juga, kita bisa mampir ke Mc Donald di route 246 yang punya tempat bermain untuk anak-anak. Riku senang sekali.Sebetulnya kita sudah ke Mc Donald dekat rumah, tapi karena masih menu sarapan yang bagel-bagelan jadi kita tunda beli Mc Donald nya sesudah jam 10:30 pagi. Tujuan utama ke Mc D ini sebetulnya hanya untuk coba Mc Pork, yang selalu menjadi tema pembicaraan Opa. Katanya di seluruh dunia, cuman di Jepang aja yang ada Mc Pork. Heheheh, padahal kalo menurut aku bisa aja di burger yang lain, ada campuran pork nya. Setelah di coba, gimana pendapat Opa? Hmmmm rasanya biasa aja katanya. Masih lebih enak Fillet O Chicken yang dipesan Tina atau Bacon Lettuce Burger yang aku pesan.

Sepanjang perjalanan menuju tujuan utama Danau Ashi (Ashinoko) jalanan macet, tapi kita bisa melihat pemandangan Susuki, semacam alang-alang yang memenuhi bukit sepanjang perjalanan. Banyak orang yang turun dan berjalan di antara alang-alang itu. Sebetulnya kalo dipikir-pikir, apa sih bagusnya alang-alang? Orang Indonesia pasti tidak akan menganggap alang-alang sebagai suatu obyek wisata. Tapi orang Jepang sangat menyukai alam sehingga yang begini aja jadi obyek wisata. Aku sendiri suka juga dengan pemandangan seperti ini.

Setelah sampai di lake Ashi kita naik boat keliling danau yang cukup besar itu selama 30 menit

Selama naik boat itu Gen tidur karena capek. Abis jalan macet sekali. Karena tgl 6-7-8 ini adalah hari libur berturut-turut, sehingga banyak orang yang bepergian. Tapi juga dikarenakan ada beberapa jalan yang ditutup karena tanah longsor. Beberapa hari yang lalu memang di daerah Hakone ada gempa skala 5, sehingga ada beberapa tempat yang longsor tanahnya dan menutupi jalan.

Setelah naik boat kita pergi makan di dekat danau ashi itu, yaitu rumah makan ikan ala jepang. Kokinya orang bali, yang menikah dengan wanita jepang. Mereka juga mengelola toko kerajinan bali kecil di samping restorannya. Restoran itu kecil, dan kita datang jam 5:30, sebagai tamu pertama. Tapi baru jam 6 lewat sedikit, sudah penuh restorannya sehingga ada beberapa tamu yang terpaksa tidak bisa masuk. Katanya sih ikan dan udang di sini enak. Dan memang setelah kita makan sashiminya enak-enak.
Dengan perut kenyang kita menuju danau yamanaka, ke penginapan yang sudah dipesan. Dari danau Ashi ke Yamanaka butuh waktu 1 jam. Tapi karena sudah malam, jalanan sepi.

Untuk Kai, ini adalah perjalanan yang pertama. Aku pesan 3 kamar supaya masing-masing dapat tempat tidur dan bisa tidur yang enak. Riku bobo sama opanya. Padahal dia ingin sekali tidur sama Papanya. Akhirnya aku temanin dia dulu sampai tertidur. Tapi sebelum tidur, dia sempat masuk hot spring sama papanya. Papanya? langsung terkapar kecapean nyetir.

Sarapan pagi jam 8. Tempat makannya menghadap danau...lumayan indah. Tapi cuacanya tidak indah. hujan rintik-rintik. Secara keseluruhan penginapan ini enak dan murah. Lain kali bisa dipakai untuk ngnap lagi. Semoga deh...

Riku enjoy di sini karena ada tempat bermain yang penuh dengan mainan dan di halaman juga ada permainan. Sekitar jam 10 kita check out dan menuju Tokyo. Tadinya kita mau mampir ke mana dulu tapi hujan sih, dan karena hari terakhir libur, pasti jalanan macet.

Sebelum antar Tina ke rumahnya, kita makan siang di Bikkuri Sushi. Sudah lama kita tidak makan di sini. Tapi kalau mau dipikir, untuk sushinya tidak begitu istimewa. Enaknya di sini ada menu kepala ikan bakar...

Sebelum pulang, kita mampir di April de Berg beli kue. Sampai di rumah jam 6 sore. Gen langsung pergi kembalikan mobil, dan aku siapkan makan malam. campur aduk keluarin masakan sisa...