Wednesday, September 22, 2010

PMS

sudah kukatakan berkali-kali, aku tidak percaya PMS. Mungkin saja memang itu saatnya kondisi hati dan pikiran memang sudah capek, yang bertepatan dengan akan datangnya sang bulan.

Yang pasti aku capek...ya lahir batin.... saat ini
Tapi aku berterimakasih karena masih saja mempunyai teman yang binkan yang alert mengetahui bahwa aku sedang bermasalah. Terima kasih seti, terima kasih yeye.... kalian berdua memang teman yang baik. Dan memang aku menuliskan masalahku keinginanku dalam bahasa Jepang. Ingin mati. But believe me aku juga takut mati, sehingga aku tidak akan menorehkan pisau ke nadiku atau minum obat tidur yang banyak untuk mencabut nyawaku. Aku sudah pernah berada pada titik "antara hidup dan mati" dan tidak mau mengulanginya berdasarkan kemauanku. Tidak...aku tidak mau bunuh diri tepatnya. Meskipun tadi aku sudah sempat menegak setengah botol wine, tapi hasilnya cuma kepala pusing. Aku juga tidak mau membuat anakku susah......

Capek yang menggunung, ditambah ketidakpedulian teman-teman dan tidak adanya komunikasi dengan suami, karena memang sibuk, dan aku merasa tidak perlu membebaninya dgn masalahku sendiri. Di saat-saat begini aku memang menyadari sekali betapa faktor bahasa, sefasihnya bahasa asing, akan lebih enak pakai bahasa sendiri. capek. kata kuncinya cuma itu.

Meskipun capeknya ini lebih ke batiniah daripada lahiriah. Sejak lama aku tidak membebani diriku untuk pekerjaan yang membuatku capek lahiriah. Bisa ditunda. Tapi untuk capek batin ini, jika ditunda akhirnya seperti sekarang ini. Menggunung.

Hari ini Kai tidak mau ke penitipan. Sudah beberapa hari ini tidak mau. Kalaupun beberapa hari lainnya mau, itu juga pasti dengan tangisan di depan pintu. Aku tahu persis dia mau melewatkan waktu dengan mama, duh betapa bahagianya dong mempunyai anak yang tidak bisa lepas dari kamu. Tapi akibatnya aku tidak bisa berbuat apa-apa. Dan aku khawatir jika dia tetap tidak mau pergi ke penitipan hari jumat yad, padahal aku harus kerja. Huh....

Tadi aku mau menjawab pertanyaan seti, he told me: PM me bicaralah sepuasmu aku siap dimakimaki. #cowok ? Masalahnya ini tidak perlu maki-maki malahan. aku tidak perlu memaki-maki orang, karena ini bukan kesalahan orang. Tapi kesalahan situasi. Situasi yang mengharuskan aku mengajar dan harus menitipkan anakku di penitipan dengan HARGA MAHAL, padahal anaknya juga tidak suka. Tapi jika tidak dibiasakan, anakku ini juga akan manja..... Seandainya aku tidak bekerja sepeti biasa, keluar dari mengajar, bukan bermasalah pada pemasukan, tapi aku sendiri yang akan menjadi bodoh! Terkungkung dalam rutinitas sehari-hari rumah-sekolah anak-anak dan pasar + internet yang sudah pasti tidak membuatku pintar..... I need air to breath.

Sekarang saja masanya Kai dalam penolakan, sama seperti Riku dulu. Cuma memang aku juga semakin tua dan merasa cepat capai untuk bertengkar. huh....

Sudah dua hari ini aku tidak mau memeluk Kai. Sambil aku berkata, "Mama ngga suka anak yang tidak dengar-dengaran". Sebagian hati menyetujui sikapku, sebagian hati menyalahi sikapku. Aku tau Kai butuh pelukanku..... Kalau saja aku bisa libur hari jumat... kalau saja aku bisa tidak usah mengajar..... Capek kok mengajar itu... enakan juga santai di rumah. tidak sadar tau tau udah mau desember, ganti tahun ...dan semakin tua. and feel empty...

i need a looooong deeeep sleep.

(trying to solve my own problems)

9 comments:

Seti said...

Jaman dahulu raja Salomo meminta seorang pegawainya untuk membuatkan cincin dgn tulisan yg berguna baik di waktu susah maupum senang. Setelah lama akhirnya dia kembali membawa cincin yg bertuliskan "Inipun pasti akan berlalu". Keep going strong ya Im .. We all love and proud of you. GBU

Yeye said...

Memang ada saatnya Me seorang ibu, apalagi punya 2 anak dan harus menghadapi semuanya sendiri di negara orang pula, merasa capek dan sangat berat Me. Tapi semua pasti berlalu, anak merengek-rengek terus juga ada masanya, nikmati aja, nanti ada masanya kamu yang merengek-rengek minta dia temani. Aku cuma bisa doain ya Me, be strong in the Lord. Atau kamu cuti dulu dari ngajar bisa gak? Udah kontrak ya?

imelda said...

ow Ye... makasih udah mampir ke sini. Seti emang aku kasih tau link ini, tapi kan aku ngga kasih tau kamu....

Iya, semua ada masanya, dan seperti biasa. Jika sedang bermasalah, semua hal-hal yang kecil-kecil yang sebetulnya tidak usah dipikirkan saat itu, malah dipikirkan. Ini itu juga masuk ke kepala yang emang kecil. Susahnya kan gitu kalau pakai hati. Otak bisa mengerti tapi hati? Masalah sepele jadi besar dan membesar.

Malam ini aku sakit kepala hebat, biasa...kebanyakan nangis. Buset seharian gue nangis! Kai nangis, gue juga nangis! Kalau ada yang iseng laporin ke polisi, pasti gue ditangkap dgn tuduhan abuse deh.

Nulis di twitter, di Fb ditanggapi kamu dan seti, juga setelah aku nulis gini, bisa legaan. Sempet tulis ke ibu mertua juga, dan dia minta maaf tidak bisa bantu.... i just need to be listened.

Sengaja aku ngga nyalain YM, karena aku tau kalau bercakap person to person aku akan tidak bisa menjelaskan perasaan aku hari ini.

ngajarnya ngga bisa cuti, wong baru aja akan mulai semester genap.....

Liona Lee said...

oh. saya jadi mengerti sepenuhnya tentang 限界
hmmm. saya sendiri tidak ingin berkata kata. jika saya menjadi tantepun, saya tidak ingin dikata-katain. tapi apa daya, saya kan tidak di Nerima untuk menemani tante. sebagai tanda kepedulian saya, saya hanya bisa ikut berprihatin, mendoakan, dan selalu menemani tante lewat komentar-komentar saya ini. maaf

maaf
~LiOnA~

imelda said...

Liona thank you ya...
you are such a darling...bahkan suka nemenin aku YM an tengah malam kan?
Sekarang aku sudha mulai biasa lagi. Satu hari ini (kamis) aku ngga mau kerjain apa-apa. Melewatkan waktu bersama di ruang yang sama dgn husband and kids, meskipun kadang masing2 kerjain gamenya sendiri hahaha.
Hujan membawa berkat juga krn dengan begitu kami tidak bisa keluar rumah.
Dinner di luar juga untuk escape dari rutinitas. And tonight (oh no...jam 3 pagi!) aku persiapkan bahan ngajar nanti jam kuliah ke 2 dan 3. Mau tulis banyak di sini dan TE, tapi...nanti deh ya.

Waah I'm gonna love to write here..... knowing that there are some friends caring me...

EM

Liona Lee said...

sama2... ^^ seneng banget dapet balesan ini bahwa tante uda ceria kembaliii
oh, kalo saya pas online sih, dg snang hati saya temenin... kalo saya uda tepar, ya gimana yah...
tapi, tante kalo butuh pendengar (DJ gt loh, pastinya suka kan kalo ratingnya tinggi), bisa 'book' saya lewat offline message terus kalo saya online tante ga, saya bisa tunggu tante / online lagi malemnya ;-)
wiii. sounds so romantiiic. seharian sama keluarga :) iyaaa kan energy nya tetep kebersamaan...
oh, iya! Kamis ujan deres juga di Sunway, Malaysia sini
hujan memang banyaknya bawa berkat sih, kalo dilihat hikmahnya ^^
dinner nya apa? sekeluarga juga? uuuuhhh asyiknaaa
gileee nge-lecture jam ke 2 & 3, jam 3 pagi blm tepar *o* pantes subuuur
iya de, ga pa pa kalo emang sibuk banget, bukan males loh ya. meskipun sebenernya saya uda sebeeel banget kok 2 2 nya ga ada postingan baru >.<

nulis di mana aja pasti selalu ada yang peduli sama tante...

*praying to my ownself* how I wish I was ur real friend, living close 2 u so that I may b ur wheelchair whenever u need

sincerely,
~LiOnA~

imelda said...

jam 3 belum tepar? hahahha
tau ngga aku bobo sampai jam setengah 2 lalu terbangun. Jam 3 tulis ini kan..... terus tiba-tiba semangat buat soal pas selesai sudah jam 4:30 aduuuh...jadi mau tidur satu jam an deh supaya kuat. ASTAGA..... Kai bangun jam 5!!! dan minta susu, dan minta nonton. Gimana bisa tidur kalau jam 6 aku sudah harus bangun? Ya sutralah rekor aku ngga tidur lagi tuh hihihi.

Tapi mungkin karena kopinya kenceng, seharian juga ngga ngantuk nih...cuma ya itu capeek bo

dah ah, aku mau jemput Riku dari les inggris. Cuma sempat taruh belanjaan sebentar abis jemput Kai

Liona Lee said...

oooh terbangun... kok lumayan sering yah kelihatannya?
gilaaaaa!!! baaah. kuat banget ga tidur lagiii

lhoh? katanya kopi ga mempan... kan goldar A... harusnya sih ga mempan... iya, lesunya pasti ga ketulungan deh

^^ Riku uda les Inggris
Belanda ne?

Kai rewel ga tadi pagi? dia jauh lebih rewel yah dari Riku. oh Rikuuu. kalo aku tau anakku pasti seperti dia, aku mau deh cepet2 punya anak. hahaha

~LiOnA~

yessy muchtar said...

Dear Mbak Em,

Tulisan ini menunjukkan, bahwa sekuat dan setangguh apapun dirimu, boleh capek dan bisa penat :)

Maaf ya, Yessy gak ada dua minggu terakhir ini, maaf tidak bisa menjadi teman ngobrol dan bicara kalau penat itu datang :)

Tapi sekarang daku sudah kembaliiii, bisa di colek-colek lagih ;)