Wednesday, December 06, 2006

Ikan

entah kenapa setiap hampir hari rabu aku bisa mampir ke toko ikan, dan selalu ada obasan gemuk yang menjual ikan dengan harga murah. lucu kalau dnegar komentarnya dia. mungkin karena suiyoubi (sui=air) makan hari rabu itu hari murahnya ikan. Aku beli ikan saba yang agak besar seharga 300 yen dan ikan iwashi 8 ekor cuman 380 yen. Waktu dia mau bungkus ikan yang besar, dia tanya, ini ikan mau diapain... lalu aku bilang..eh, kan ini bisa dibakar gitu aja kan? "bukan, cara potongnya kan beda2 tergantung kamu mau masak ikan ini bagaimana." rupanya dia mau bersihin dan potong ikan itu. lalu aku bilang ngga usah, aku bersihin dan potong sendiri. "Erai ne...hebat ya kamu potong snediri, orang jepang yang muda-muda ngga bisa tuh potong ikan sendiri...." heheheh emang, cewe jepang sekarang mana bisa sih suruh potong ikan , buang insang, bersihin sisik, atau potong ayam utuh. belon apa-apa udah teriak teriak dulu kali... kegelian hihihi. Bahkan ada yang ngga tahu cara pake pisau kok. Huh... gimana mau jadi ibu coba. jangan sampai deh riku ngga bisa masak, aku merasa setiap orang harus bisa punya pengetahuan dasar untuk hidup. aku bahkan mau masukin dia ke boy scout kalo bisa. Betapa aku merasa bergunanya masuk pramuka dulu. Karena pada suatu saat pengetahuan itu akan bisa bermanfaat. entah bagi diri sendiri atau orang lain.

So hari ini menunya ikan saba dibakar, dan kebetulan aku juga denger percakapan ibu-ibu jepang yang bilang bahwa dia masak nimono iwashinya. so aku pikir mau coba aja. aku coba dengan dua ekor ikan dan lobak. Katanya gen sih enak tapi kurang lama rebusnya. Abis gimana mau lama, tengah tengah lagi rebus harus dimatikan karena riku minta aku mandi sama-sama dia.

Sekarang di kamar mandi, sambil mandi riku belagak jadi guru. menunjuk huruf-huruf hiragana yang ada di poster yang aku pasang di kamar mandi dengan kutsubera, lidah sepatu...(bener ngga sih namanya...kudu cari nih). Gaya bener deh. Makanya mamanya musti ikut mandi sama sama supaya bisa disuruh suruh baca hihihi.

Hari ini juga tidur cepat jam 11 udah bobo..heheheh...sehat nih aku akhir-akhir ini kehidupannya. oh ya....seneng juga waktu timbang berat badan... udah turun lagi... so sudah ada hasil 5 kg sejak minum obat.

No comments: