Friday, June 03, 2005

Sotsugyou Album

Setiap akhir tahun ajaran, sekolah di Jepang mengadakan pemotretan bersama dan membuat Album Kenangan Wisuda (Sotsugyou Album). Isi Album itu memang hanyalah foto-foto murid-murid baik itu foto bersama atau foto-foto pribadi. Akan tetapi bisa menyimpan kenangan indah masa-masa sekolah.

Saya terpikir mengenai Album Foto ini. Mengapa saya tidak mempunyainya? Saat ini saya ingin sekali kembali ke masa SMP saya. 3 tahun yang penuh kebahagiaan...tapi juga penuh dilema.
Memang kami sempat mengadakan reuni Maret lalu, tapi masih banyak teman juga yang tidak mempunyai akses dengan internet sehingga tidak bisa terkumpulkan. Menyesal juga saya tidak begitu mempunyai foto-foto masa SMP. Seandainya dulu kami membuat Sotsugyou Album (sampai sekarang pun kelihatannya tidak ada kebudayaan itu di sekolah Indonesia)

No comments: