Wednesday, October 12, 2005

Usooooo



hihihi aku tulis dari kantor guru di Waseda. bener deh masaka (bahasa Jepang)!!!
Masak aku ngajar satu murid namanya Shotaka san (kelas Menengah). Waktu di lift dia bilang, "Sensei dulu pernah ngajar di daerah kojimachi???" Kayaknya sekitar 10 tahun yang lalu ibu saya belajar bahasa Indonesia sama sensei. sebelum bapak saya ditugaskan ke jakarta." Whaaaaaa.... jadi aku ngajar anaknya mantan murid. Ini Kejadian pertama dan mungkin merupakan awal dari suatu kenyataan. Dan ini berarti aku harus sadar juga bahwa umur sudah bertambah deh. hihihi

Tadi sambil jalan ke waseda aku teringat lagi sama Ratih. duhhh nasib bener yang menentukan bahwa dia sudah meninggal yah. Kemarin waktu aku pakai kuteks juga ingat dia. Dia suka pakai kuteks dan kuku (jari) dia mungil dan selalu rapih kalau berkuteks. Ngga seperti aku selalu belepotan karena ngga sabar nunggu kering. Inget dia kasih sisa kuteks kuteks nya ke aku waktu dia pulang ke indonesia. Inget dia mau kawin cepet-cepet. inget...inget.... Semoga kamu damai beristirahat di alam sana tih.

Hari ini Riku baik sekali. Dia bangun waktu aku baru keluar kamar mandi. Dan dia bilang, "mama nemui" ngantuk..... hmmm mama juga ngantuk sayang. bayangin baru bisa tidur jam 3 pagi, jam 5 udah dibangunin suruh bikin susu. Jam 6 udah musti bangun lagi untuk ngebangunin gen. Sesudah gen bangun aku masih kemulan sampe jam 7.... masih ngantuk tapi harus siap-siap. Cuci piring2, jemur cucian, ngga sempet masak. akhirnya jam 7:45 aku mau bangunin riku untuk siap-siap sambil nonton...tapi ngga tega. dia masih enak banget tidur. Tergoda untuk bobo samping dia. tapi...akhirnya aku mandi aja. duhhhh ngantuk.

Berkat Riku mau pergi pagi, aku sampai di waseda lebih pagi, dan sempat nyetak bahan untuk kelas dasar. Ada 9 murid hadir hari ini. Dan aku cukup puas dengan mereka karena mereka berusaha mengerjakan tugas yang aku berikan dan mencoba bicara bahasa indoensia. Bahkan ada satu murid yang mau ikut kelas menengah kalau diperbolehkan. Tentu saja boleh bu. (Ibu muda karena dia sudah menikah dan tinggalnya jauh banget...di narita euy)

Kelas menengah hari ini 5 orang dan bicara soal kegemaran membaca. Bacaannya Orang india paling gemar membaca sedunia. 10,7 jam perminggu dihabiskan untuk baca. sedangkan survey itu menyebutkan jepang hanya 4,1 jam seminggu. Honto kana???

Enak juga bisa pake komputer di Ruang guru sini. Biasanya kalo di rumah akhir2 ini aku malas tulis blog. jadi lumayan bisa hemat waktu.
Oh ya kemarin sempet tengkar sama letty karena aku bilang dia ngga usah pamer bahwa dia sedang belajar. (Dia bilang never too old for learn.... aku bilang ngga usah omong gitu juga semua orang tau. eeee dia pikir aku anggap dia sombong karena cerewetnya. bukan bu.... kesannya kalo kamu bilang aku sedang belajar dan never to old or untuk sadar begitu aja udah bagus.....itu nya yang ngga bagus. apalagi kamu bilang itu berkali-kali. kayaknya bangga banget bisa belajar di umur segitu. kamu ngga tau di jepang sini murid aku yang paling tua 90 tahun bo.... umur 44 tahun ngga ada artinya. dan bahkan sudah SEHARUSNYA DAN SEWAJARNYA manusia itu belajar terus ....sampe mati kalo bisa. ngga usah dibangga-banggakan. bukan soal cerewetnya euy..... soal cerewet mah dari dulu aku juga tau kamu cerewet dan terlalu banyak bicara untuk sesuatu yang tidak perlu. apa yang ada dipikiran semua dikeluarkan. kalo perlu mikir mau kentut aja ngomong. hahahhaha. you know what, ada peribahasa di indonesia: Tong kosong nyaring bunyinya. Orang yang banyak omong otaknya kosong. Aku ngga mau bicara terus terang justru karena aku tahu orang yang begitu pasti akan TERSINGGUNG dibilang begitu hihihihi. Nyatanya bener kan. begitu aku bilang bahwa bima jauhin kamu karena kamu umbar2 dan banyak bicara. langsung DC ....sengaja kali.... dan marah. who cares dah. kalo mau instropeksi bisa liat kemana aja tuh temen2 lama kamu kok jarang muncul. sapa tahu mereka semua kesel dengan sifat kamu yang satu itu. sebetulnya mereka ada tapi ganti id ;)). Udah ah jadi ikutan kesel kalo ngomongin tuh orang satu)

Tapi lucu juga sih kalo dipikir2 sifat manusia itu emang aneh-aneh yah. semoga aku ngga ikut jadi aneh deh. The important thing now for me is Gen and Riku.

No comments: