Tuesday, November 14, 2006

Cleaning Day


Hehehehe ketahuan yang beresin rumahnya seminggu sekali. Hari ini aku mengucapkan sayonara pada tas ransel hitamku. Aku putuskan untuk buang karena ritsnya sudah tidak bener. Kalau kepenuhan terbuka gitu aja. Bahaya ntar kalau terbuka aku ngga tau, selain seluruh isi bisa tumpah, ngga tau kalo ada yang iseng ambil dompetku kan (meskipun dompet ngga ada isinya juga hihihi). Tas ransel ini aku beli di mana aku lupa, tapi harganya cuman 1000 yen (70.000 rupiah) Simple, karena tidak pake terbagi-bagi jadi bisa masuk banyak, dan bahannya ringan sekali. Ransel ini berguna sekali waktu musti bawa pakaian riku dan buku2 aku terutama kalau bawa riku pergi ke penitipan atau jalan naik kereta. Semua bruk bisa masuk ke situ. Gendong ransel di belakang sementara riku aku gendong di depan. Dan satu kenangan lagi adalah waktu aku beli aku tidak perhatikan buatan mana. Aku pikir pasti buatan china. but begitu sampai di rumah pas lihat eeee buatan indonesia. alamak jauh-jauh belinya. Waktu itu aku ngga seberapa sih kesalnya dibanding waktu beli sepatu trekking di melbourne. Harganya 50 dollar, beli di pasar victoria, keren warna coklat seperti GT Hawkin meskipun bukan. Eeee sampai di apartemennya novi, lihat bagian dalamnya made in Indonesia. weleh weleh... gedek banget deh waktu itu.

Pagi ini sempat marah besar ke riku, karena dia sengaja buang susu di meja. Aku bilang banyak orang mau minum susu ngga bisa, mending susu, mau makan aja ngga bisa. Mamam paling ngga suka kalau buang makanan. Dan aku masuk kamar kerjain komputer. Lalau ngga lama dia masuk dan bilang "Mama maaf aku tumpahkan susunya". Lalu aku pangku dia dan jelaskan kalau aku ngga suka buang makanan. Kemudian aku kasih liat foto-foto anak-anak africa yang kelaparan tidak ada makanan dan tidur di tanah tidak ada tempat tidur. Aku jelaskan gitu dia diam, entah ngerti atau ngga. yang pasti aku sempat nangis liat foto-foto itu dan riku elus-elus kepala aku. semoga deh dia bisa ngerti.

Tapi hari ini riku banyak berkarya. Dia gambar muka aku pakai cat air. Dan chanto ada mata, alis, hidung, mulut ....dan kaki (heheheh ngga ada badannya). Kemudian dia buat senjata pakai block nya kata dia sih senjata, tapi aku lihat seperti pesawat. keren juga. Lalu malam dia ambil kardus kosong yang aku buang, kemudian masuk ke dalam kardus lalu mengayuh seperti naik perahu. Sayang aku tidak sempat ambil videonya. Lucu juga imaginasinya dia.

Waktu aku lagi beres-beres sesudah masak, tiba-tiba dia tanya
"ママどうして大人は料理うまいの?Mama kenapa orang dewasa pintar masak?Aku juga mau pintar masak"
"大人はいろいろ勉強したからだよ。だから陸も勉強しないといけないよ。Orang dewasa bisa masak juga karena belajar. Makanya riku harus belajar. Nanti mama dan riku belajar masak ya. Mama juga mau belajar masak. Tapi riku, tidak semua orang dewasa bisa masak loh. Kan papa juga tidak masak."Hmmm hampir aku bilang bahwa yang masak hanya perempuan saja. Tapi nanti jadi bicara gender. lalu aku tambahkan,
"Om andy biar laki-laki juga pintar masak. Kalau riku mau belajar masak boleh. atau riku mau belajar yang lain boleh. Pokoknya riku boleh coba belajar apa saja."
Kemudian dia main sepak bola, aku bilang"Riku mau belajar main sepak bola juga bisa.." Dia jawab "Aku udah bisa kalau main sepak bola" hahahhaa.

Dia sudah pakai nalar berpikirnya dalam bertanya. Aku ingat suatu kali dia mau beol di wc, lalu aku temanin. Dia minta di gendong sebelumnya, lalu aku bilang riku sudah besar dan berat. Mama tidak bisa gendong riku lagi. Lalu dia bilang, "besar seperti papa?" "Iya nanti riku besar seperti papa.lalu papa dan mama jadi tua seperti achan dan tachan. achan dan tachan jadi tua seperti nenek buyut...." dengan muka sedih dia bilang "いやだ。ずっとママといたい。Ngga mau, aku mau sama mama terus....." Mungkin dia teringat akan oma yang meninggal, dan suatu waktu aku kalau tua juga meninggal. Ntah tapi keliatan dia sedih mukanya dan maunya sama aku terus. Untuk seorang anak berusia 3 tahun 8 bulan... suatu pemikiran yang dalam.

Hari ini aku juga terharu atau sempat berpikir betapa orang penuh dengan masalah. Sudah lama aku tidak buka email di hotmail aku, dan ternyata waktu aku buka ada email dari muridku di waseda. Dia menulis minta maaf tidak bisa masuk kuliah minggu lalu. Dia punya penyakit yang membuat dadanya sakit sekali. Bukan jantung atau paru-paru, tapi lebih ke sistem syaraf. Dan untuk mengurangi sakit dia harus minum obat yang membuat dia mengantuk meskipun sedang berjalan. Karena itu dia tidak bisa ke kuliah. Buat aku itu tidak masalah, dia tidak ke kuliah atau tidak, asalkan dia menunjukkan usahanya. Dan hari ini dia tunjukkan usahnya dengan berusaha menjelaskan keadaan dia di email dengan tiga bahasa, jepang, inggris dan bahasa indonesia. Wow, lalu aku balas. saya senang kamu tulis dalam bahasa indonesia. dan kalau kamu mau tulislah 1-2 kalimat dalam bahasa indonesia, jika kamu tidak bisa ke kuliah. susunan bahasanya juga lumayan. dan masih bisa dimengerti meskipun ada pemakaian kata2 yang kurang tepat.
aku paste kan terjemahannya ya:
Saya prihatin karena absen selalu.
Saya diposkan kepada Imelda sensei karena membuat diri saya dimengerti.
Saya sudah menyusahkan dengan sakitnya saya Kekacauan Rasa Sakit sejak
saya masuk universitas.
Sakitnya ini merasakan rasa sakit hebat ke setelah dada, malah tidak
ada kelainan di paru-paru atau jantung. Adalah sakitnya susunan syaraf.
Terlalu nyeri oleh sebab itu saya tidak bisa menempatkannya anymore
tetapi saya bisa menghentikan rasa sakit dengan obat.
Tetapi, karena akibat sampingan yang mengandung obat-obatan, sekalipun
saya berjalan, saya menjadi mengantuk sangat banyak.
Sebab ini sakit tak dikenal. Walaupun bukan hanya kelas Indonesia
tetapi kelas lain terkena, saya mau berusaha sebaik mungkin entah
bagaimana. Saya mungkin absen kadang-kadang dari sekarang, tetapi saya
ingin Imelda sensei untuk tahu tidak membolos.


Dan herannya ada murid lain di kelas yang sama yang juga bercerita bahwa dia punya penyakit jantung yaitu beatnya cepat sehingga oksigen yang dikirimkan kurang. Duhhh aneh-aneh aja penyakit anak muda jaman sekarang. apa karena kebanyakan belajar ya?

Aku menulis blog ini tengah malam, sekarang pukul 2:20. tidak merasa mengantuk dan barusan riku datang ke kamarku, mau tidur sama aku. Akhir-akhir ini dia selalu datang ke aku dini hari. Dan sebelum tidur tadi dia bilang juga bahwa dia takut, dan mau tidur sama mama. So aku lebih baik temanin dia sekarang, or aku ngga bisa bobo sampai pagi, dan mengantuk waktu mengajar nanti.

No comments: