Wednesday, September 05, 2007

Hukuman

hari ini aku sudah buat bento, riku bilang "mama, aku sakit, ngga bisa ke sekolah". Aku tahu dia bohong. lalu aku bilang, "kalau sakit, harus tidur terus dan tidak boleh nonton TV seharian loh!". Dia jawab "iya".
So, aku telpon ke sekolahnya, minta izin ngga masuk. dan sejak saat itu ngga boleh pasang TV. aku matikan juga listriknya dari steker langsung.
Belum sejam, dia udah minta pasang TV. "Ngga boleh"
"Aku sudah sembuh kok ma"
"Riku bohong kan? riku sebetulnya ngga sakit kan? "
"Iya aku bohong. Maaf ya ma aku bohong sama mama"
"Ok mama maafin tapi tetap tidak boleh nonton TV sampai malam"
sebetulnya buat aku juga sengsara. karena aku harus temanin dia, tidak bisa berbuat apa-apa. aku tahu dia juga bosan sekali. lalu aku suruh dia belajar nulis atau gambar atau main lego. sambil aku sekali-sekali ikut bantu dia. Akhirnya sampai jam 6 sore bisa tanpa TV, kita berdua "kerja" di meja makan. Lalu dia bilang begini
"mama aku senang bisa berdua mama begini"
duh emang aku orangnya ngga bisa, ngga sabaran habisin waktu di atas meja. dan ternyata waktu yang aku habisin berdua dia hari ini meninggalkan kesan. Semoga aku bisa spare time lagi lebih banyak untuk dia, tanpa harus menghukum dia.
Waktu aku cerita ke gen soal ini, dia bilang "mustinya setiap hari begitu". huh aku juga tahu tapi kalau dia tidak nonton TV, ya aku harus temenin dia, harus masak, harus ngurus Kai, harus bersihin rumah juga.... bisa stress deh akunya. Kalau aku seperti tuan besar di jakarta, yang ada pembantu sih ok-ok aja, aku rasa aku juga bisa habisin waktu aku HANYA untuk bermain.

Tapi selain rugi ngga ke TK, aku merasa ada hal untungnya juga hari ini. selain rasa kedekatan ibu dan anak. Riku melontarkan 3 pertanyaan hari ini yang cukup berat untuk anak seumur dia.
1. Kenapa orang itu buang air besar (pup)?
2. Kenapa om T dan tante L ngga punya anak?
3. Apa artinya tamanokoshi?
wahhh....
jawab 1. orang makan, lalu makanan masuk lambung, dicerna, lalu ada ampasnya. ampasnya lewat usus keluar deh jadi tai.... (jawaban cukup masuk akal, ntah dia ngerti ngga)
2. suami-istri banyak yang mau punya anak tapi ngga bisa. mungkin sakit, atau tuhan belum mau kasih anak kepada mereka. makanya mama bersyukur Tuhan kasih mama dan papa Riku dan Kai. Tapi riku, pertanyaan ini jangan kamu tanya langsung ya. karena nanti mereka akan sedih. Ada pertanyaan yang boleh langsung ditanya/diucapkan tapi ada juga yang tidak bisa.
3. tamanokoshi artinya perempuan miskin yang kawin dengan laki-laki kaya sekali.

No comments: