Thursday, December 20, 2007

Cacar Air

Aku marah!!! Riku tidak mau ke TK lagi, dengan alasan yang sama...dia tidak bisa buat layang-layang. So? aku bilang...dalam kehidupan kamu kadang kala harus berbuat sesuatu yang tidak kamu sukai. Apalagi nanti di sekolah yang lebih tinggi. Tidak bisa? Tidak apa-apa, karena tidak semua orang bisa mengerjakan apa yang diperintahkan guru. Pasti ada mata pelajaran yang kamu tidak bisa.

Aku ingat dulu, sejak SD sampai SMA...aku tidak suka dnegan pelajaran olahraga. Kalau bisa aku ngga masuk deh. Dan sebagai cewe bisa pakai alasan "datang bulan", tapi kan ngga bisa datang bulan setiap minggu. Jadi kalo praktek aku selalu dapat merah, jadinya kalo teori aku berusaha dapat nilai bagus. Jadi di raport nilai olahraga aku tidak pernah merah dan tidak pernah di atas 6. Mungkin pernah sekali dua kali dapat 7.

So...aku marah...dan akhirnya dnegan menangis dia bilang...maaf mama...aku pergi ke TK. Dan aku ganti baju dia dengan baju seragam...but...di badannya ada bintik-bintik merah. Cacar air.... Aku langsung bilang "Kamu tidak sekolah hari ini!! bukan karena kamu tidak bisa kerjakan tugas, tapi karena kamu sakit dan bisa menularkan sakit ini ke seluruh sekolah. Apa ada teman kamu yang punya bintik2 juga kemarin?". Lalu dia sebut nama "yume". Aku telpon ibunya yume, untuk tanya apa sakitnya. Tapi masuk answering machine. Tidak lama dapat telepon balasan, yume hanya kena gigitan serangga. tapi dulu pernah kena cacar air. Itu jam 8 pagi.

Sambil aku persiapkan diri, suruh riku tiduran, aku ukur suhu badannya. 36,7...biasa. Memang dia sudah dapat vaksin cacar air. Mungkin karena itu tidak berat ya. Anyway, begitu jam 8:30 aku telpon TK dan minta bicara dengan gurunya. Ternyata di kelasnya Riku tidak ada yang Cacar air, tapi di kelas lain ada beberapa. Mungkin riku dapatnya di kelas Usagi, kelas tambahan yang diikuti oleh berbagai anak dari kelas-kelas lain.Jadi aku bilang ke gurunya bahwa Riku tidak ke sekolah hari ini dan besok. Tapi karena besok ada pertemuan PTA dan sekaligus bersih-bersihin sekolah, aku akan usahakan datang.

Jam 9:45 aku telpon RS untuk tanya bisa ke dokter jam berapa. Aku ingat dulu Riku waktu ada bintik merah, disuruh datang dan tunggu di ruang terpisah supaya tidak menulari anak lain. Kalau dipikir seharusnya begitu ya, mungkin klinik/RS di Indonesia tidak sampai kepikiran untuk mengisolasi anak dengan penyakit menular.
Waktu aku telpon, diangkat oleh operator laki-laki dan disuruh telpon 20 menit lagi.What!! sebel aku. so aku langsung datangin aja RS nya, naik sepeda. Aku bilang ke suster yang aku kenal, dan dia bilang bisa aja datang jam 10:30. Duhhh aku harus ngajar, jadi aku bilang bisa sore ngga? Bisa...sesudah jam 4 sore di ruang lain. jangan lupa kasih tau dengan petugas pendaftaran. OK boss.

So, aku pulang dan siap-siap ke waseda untuk ngajar jam kelas dasar. Aku ngga mau batalkan kelas waseda. Karena di sana kita harus buat jam pelajaran tambahan yang di set waktunya oleh universitas yaitu hari Sabtu atau Senin. Dan sudah pasti TIDAK ADA SATUPUN yang hadir di kelas tambahan. sudah pengalaman 3 kali aku bengong di kelas sendirian. So NO WAY, aku ngga mau setting make up class di waseda. Lagian aku rencananya kasih test kecil hari ini.

Aku berangkat dari rumah jam 9:40. Tadinya aku janjian sama Ayu mau turun di Iogi, tapi dengan keadaan begini ngga bisa deh. Aku langsung ke waseda, naik taxi sampai stasiun terdekat lalu naik kereta. Aku sampai tepat jam 10:30. Langsung bagikan kertas test begitu jam 10:40 dan baru bisa nafas lega, nungguin mhs kerjain testnya mereka. Kelas menengah aku batalin, karena toh cuman satu orang. Aku tinggal kasih tugas aja sama dia. Dan aku tahu kemampuan dia sampai dimana.

Selesai kelas, jam 12 aku langsung ke halte bus untuk pergi ke baba stasion lalu ke Ikebukuro. Mau beli pesanannya mama dan papa. Sayangnya cuman ada pesenannnya mama. pesnan papa ngga ada. Juga mainan utk Riku, sudah aku cari di dua toko ngga ada. Apa boleh buat. Sampai di rumah udah jam 3. Makan cepat-cepat... Untung ada mama sehingga aku bisa pergi begini. Mulai besok ngga bisa lagi deh bermanja begini.

Tetap jam 4 aku ke RS, dan diagnosisnya Cacar Air, meskipun ringan. Kai juga ada kemungkinan kena, tapi kalaupun kena juga ringan...kata dokter.

hari ini aku masak sayur lodeh...dan sambal dan ikan asin goreng

anakku makan pake tangan... Jadi ingat opa Bijl Wardenaar....meletus!!!

No comments: