Wednesday, August 10, 2005

Tachigui Soba


Secara harafiah artinya Soba yang dimakan sambil berdiri. Saya pikir bagus juga sistem ini. hemat waktu, tenaga dan yang pasti murah. Cara membayar ada yang dengan memeli tiket di mesin sebelumnya atau bayar langsung waktu menerima pesanan. Yang pasti bayar dulu baru makan.
Dulu, waktu tahun tahun pertama saya di Jepang, jangankan makan di tempat makan seperti ini. Untuk makan di restoran sendirian saja rasanya risih sekali. Akibtanya saya selalu masuk ke toko yang sama, dan biasanya restoran Italia (memesan spaghetti) dan budgetnya 1000 yen. Duh kalau dipikir-pikir kaya sekali saya waktu datang ke Jepang pertama kali. Maklum ojosama (putri.... semacam putri bangsawan deh) kata teman-teman.
Saya seharusnya malu dengan adik saya Tina, yang datang 5 tahun sesudah saya. Dia langsung bisa dengan cueknya masuk ke tachigui soba dan makan sambil berdiri. Saya untuk makan di yatai (warung) ramen saja masih takut-takut ketika itu. Tapi dia berkata,"ya kamu kan kaya sudah bekerja waktu itu, aku masih pelajar tidak ada uang ekstra".
Kini saya merasa biasa saja jika makan di tachigui soba. Yang penting kenyang dan hemat waktu. Cuma biasanya saya pesan kalau soba adalah Zaru Soba (soba dingin) , dan kalau udon Tanuki Udon/Tempura Udon, apalagi kalau udon panas ini dengan kuah ala Kansai...wahhhhh

No comments: