Wednesday, October 03, 2007

Kai's Health check

Hari ini ada pemeriksaan kesehatan dari Kai. Sebetulnya aku heran juga, mau diitung check utk 1 bulan atau 3 bulan. 1 bulan udah waktu dia di RS, dan3 bulan masih kecepatan. Ternyata waktu aku tanyakan ke dokter, karena Kai due datenya tgl 8 September, maka pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan 1 bulan setelah keluar RS. Jadi dianggap Kai baru umur 1 bulan. Yah, apa aja sih.

Aku antar Riku ke TK pagi, tapi siangnya minta opa yang jemput. Karena hari rabu tidak ada penitipan di usagi gumi. Untung ada opa. Aku sendiri keluar rumah jam 1:30, naik taksi ke Kami shaku, lalu dari baba naik taksi lagi. Sebelum pemeriksaan, aku selesaikan administrasi keluar RS yang masih tertunda. Uang deposit yang kita taruh bisa diambil utuh, karena Kai hanya perlu membayar pampers saja. yang lainnya ditanggung pemda Tokyo. Terutama karena Kai di bawah 2000 gram, sehingga dapat tunjangan spesial.

Yang periksa Kai dokter perempuan. kesannya lumayan... waktu aku tanya, apakah aku boleh kasih minum kapan saja kai minta, dia bilang "Kan dia manusia, bukan mesin. kasih saja kapan dia mau minum..." Yatta.... karena aku tidak bisa seperti ibu-ibu lain yang hanya kasih minum susu pada waktu tertentu saja. Waktu membesarkan Riku juga begitu. Memang akhirnya dia sampai sekarang kurang taat dengan waktu makan. tapi i prefer freedom waktu membesarkan anak-anakku.

Kai juga dapat vaksin (kekebalan) khusus untuk anak prematur dengan BB kurang namanya sinajist (cynagyst spellnya mungkin). terutama untuk mencegah pnemonia dan influenza. Tapi karena kekebalan ini buatan manusia, bukan kekebalan alami, maka harus diberikan sebulan sekali. Dokternya tanya aku, apakah aku mau. Aku sih, apa saja yang dokter anggap bagus, aku ok in aja. biarpu harus bayar. Dia bilang, ibu kan masuk asuransi ya? soalnya obat ini mahal.
Aku bilang "Berapa dok? 8000-10.000 yen....aku tetap mau bayar".
Dokter , "sekali 80.000 yen"...weks..."tapi karena asuransi, ni semua gratis..."
Ya jelas mau lah yauuuu. Heran aku deh, kadang ibu jepang banyak juga yang ngga mau kasih anaknya suntikan vaksinasi, padahal gratis untuk vaksinasi utama. apalagi kalo disuruh bayar ya? Untuk Riku aku bayar cukup mahal yaitu 3 x 8000 untuk hepatitis B, 7000 an untuk gondong, dan mungkin 8000 an (lupa) untuk cacar air.

Sesudah pemeriksaan dan suntikan, sekitar jam 4:40 an aku lari ke ruang rawat inap, untuk bertemu dengan suter2 yang merawat kai. Aku bilang ke petugas informasinya, kalau tidak repot tolong panggilin dong. Sakumoto san dan Katayama san, dua-dua suster yang merawat Kai keluar, sambil ketawaketawa senang ketemu Kai. Lalu mereka bilang aduuuuhhh Kai sudah gemuk.... Yah tadi ditimbang Kai sudah 5035 gram. Lalu sebelum aku pulang pun, di depan lift ketemu dengan dokter yang merawat Kai, dan dia ikut turun sampai lantai bawah untuk ngobrol. Hontoni kansha. grateful with their care for Kai. Pemeriksaan berikutnya tgl 7 November. Aku harus sebulan sekali pergi ke RS, mungkin sampai sekitar Maret-April, atau sampai ulang tahun Kai yang pertama, untuk menerima suntikan cynagyst itu.

Sampai rumah sudah jam 6 lebih...capeeeekkkkk.

No comments: