Saturday, April 22, 2006

Cleaning Day

Pagi-pagi semua bebersih rumah. Mama bagian dalam, papa beranda. Dan Riku juga mau bantu, so belajar nyapu sama papa.



Sesudah beres-beres, kita cepat-cepat siap-siap karena mama ada acara pesta di Shinjuku.
Murid-murid Asahi mengadakan selamatan untuk Fukuoka sensei karena mendapat penghargaan Bintang Maha Putra (Dari Japinda sih aku udah ikut bulan November lalu, tapi ini kesempatan untuk bertemu mantan murid-murid) Selain aku, semua sensei yang pernah ngajar di Asahi, yaitu Linda, Eko dan Kuswan juga hadir....so kudu deh datang. Takatori san juga hadir saat ini. Wah dia tidak berubah mukanya teteeeeeeeeep aja kayak dulu. padahal terakhir bertemu 10 tahun yang lalu mungkin. Yang lucunya Mbak Linda disuruh mengangkat toast...tapi cuman bilang Kampai aja. Biasanya disaat seperti ini menjelaskan maksud pertemuan, mendoakan kesehatan si primadona acara, pokoknya dnegan sedikit pidato deh....hehehhe. Lalu ada nasi tumpeng. ini juga ngga diupacarain, padahal kan asyik kalo ada ceremony ceremony an dikit. Akhirnya Eko san yang angkat bicara, dan potong, dan kasih ke Fukuoka sensei.


Karena aku pergi sendiri, hari ini aku bisa santai dan banyak bicara dengan mantan murid-murid. Watanabe san tanggal 18 April yal berusia 91 tahun, still genki dan kuat. Fukuoka sensei will be 90 tahun tanggal 7 Mei nanti, tapi kelihatan sekali sudah merosot kesehatannya. Yang pasti sudah pakai alat bantu dengar. Takei san seperti biasa, mabok..... lucu tapi kalo bicara sama dia kalo lagi mabok. Bicara nya bisa serius, tentang bahasa Indonesia...tapi aku yakin begitu dia sadar dari maboknya, dia akan lupa semua yang dikatakan hihihihi. Dan satu lagi, dia mau pinjem riku untuk dibawa ke Disneyland dengan istrinya, aku ngga boleh ikut. Wahhhh ngeri juga kasih pinjem riku sama dia. Ntar kalo ada apa-apa gimana coba.....

Akemi san genki, dan udah janjian akan pergi ke ladangnya untuk menggali ubi dan kentang bulan Juli yang akan datang. Riku pasti senang sekali. Kunitake san pindah kerja ke Shizuoka sehingga tidak bisa ikut belajar regular lagi di Asahi, dan khusus datang dari Shizuoka untuk hadir di acara ini. Sementara aku bicara dengan mantan murid-murid, Mbak Linda juga bicara dengan mantan muridnya di sisi lain meja. Nah kalo itu mah memang ibu-ibu semua. hihihi....


Setelah dari jembatan merah shinjuku, aku menuju meguro untuk pergi ke acara kebaktian Paskah KMKI. Sampai di acara jam 7 lewat dikit, sehingga begitu aku datang acara dimulai. Yang bawa kebaktian ibu Dortje dengan lagu-lagu, dan kotbahnya oleh pastor Norbert. Yappari I missed this warm surrounding. Aku merindukan kehangatan kekeluargaan seperti ini. Biarpun aku tidak kenal semua anggotanya, rasanya damai berada di tengah mereka. Saat itu aku berpikir, sedapat mungkin aku akan tetap mengikuti kegiatan ini, meskipun aku tidak bisa begitu aktif.
Aku melarikan diri dari sini jam 9:30 setelah makan malam, dan angkat kursi 2-3 biji. tanpa pamitan dengan yang lain, karena takut jadi bertele-tele nantinya. Abis aku kan pulang ke rumah mertua indah.... ngga bisa pulang terlalu larut, meskipun hati sebenernya masih mau bersama-sama my community. Apalagi dapat mail dr gen bahwa mereka sudah minum sake hihihi, ntar pada teler mabok aku ngga dibukain pintu kan berabe.

Aku sampai di takada jam 10:30. Hebat yah, cepat banget sampenya. ngga bakalan aku bisa sampe secepat ini kalo pulang ke rumah sendiri. emang rumahku jauh sihhhh. help.. hihihi Sampe di sana, riku sudah bobo dengan pulasnya dan sempet terbangun sebentar liat aku, tapi said no words..... udah gitu langsung blek pules lagi. cute banget wajahnya kalo lagi bobo. i missed you son hari ini.

Oh ya, aku juga diwajibkan minum sake... so aku minum dan yiekkkk ternyata ngga enak banget. padahal buatan sakakura yang terkenal namanya ichi no kura. rasanya? ngga bisa digambarkan deh. hambar memang, jadi ingin bertanya mana alkoholnya? mau seperti ume shu (plum wine) tapi...tidak manis. Nah loh. Bener-bener tersiksa aku habisin satu sloki. Sampe achan dan tachan ketawa-ketawa. rupanya mereka juga ngga suka dan semua kudu merasakan ketidakenakan sake ini. hihihi lucu juga. setelah itu cuci mulut dengan sake yang enak dari masumi. Nah kalo ini baru deh sake.... Kepengen rasanya glek semua yang sisa dari botol kecil itu. Tapi entah kenapa nggak semangat minum aku hari ini.

Oh ya dapet email dari Bing bahwa dia jatuh dari sepeda dan patah collarbone nya. aduhhhh macem-macem aja.

No comments: