Wednesday, February 07, 2007

Ayam Bakar Bumbu Rujak

menu permintaan dari R-bee san. Dia akan datang ke rumahku hari ini, untuk ngobrol-ngobrol gitu aja sih. Waktu aku tanya, mau makan apa? dia langsung tulis Ayam Bakar heheheh. Padahal aku ngga punya bumbu instantnya. So, pagi-pagi aku telpon tante Kristin untuk tanya bumbunya.
Bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, daun jeruk (ngga ada jadi pake daun salam aja katanya), daun sereh, ditumis lalu pake santan sedikit kalo mau. Semua di blender. Cuman seberapa jumlahnya???? Emang orang Indonesia yang biasa masak, pasti akan bilang kira-kira aja... Akhirnya aku buka buku pinter tentang masakan Indonesia yang aku dapat dari Novi. Buku itu buku penting dia waktu dia sekolah di Melbourne ambil doktornya. Kebanyakan si Chris yang masak berpedoman pake buku itu, dan menu favorit dia Ayam kalasan hehhehehe. Karena mereka terus kembali ke jakarta, bukunya diwariskan ke aku. Bumbu rujak disitu agak beda bumbunya dengan tante Kristin, tapi aku pake ancer-ancer jumlahnya aja. Dan tadaaaaaaa jadi deh ayam bakar bumbu rujak yang lezaaaaat banget (menurut aku sih) Pertama kali aku masak honkaku teki gini. bawang merah aja aku kupas sampe sekitar 300 gr. Ya buat bumbu ayam, bumbu sup, dan sambal lombok goreng. Aku juga bikin sup buntut oxtail soup, karena gen suka. Waktu aku sms dia malam, tanya dia mau ayam atau sup dia tulis... i love your oxtail soup... soup please hehheheh.

Rbee datang jam 2:30 an. Aku pake minta nitip beliin telur sama susu lagi. Kasian juga padahal kan udah lapar. Sambil makan ngobrol soal bahasa indonesia. Nesshin na seinen da. Aku ngeliat dia yang menggebu-gebu begitu, jadi ingat dengan segala ide-ideku dulu jaman aku masih muda, yang tidak bersambut gayung. Semoga sukses, dan aku akan coba mendukung dia deh. Aku suka anak muda yang memikirkan sesuatu untuk orang lain, dan melaksanakannya... tidak di mulut saja.

Sekitar jam 5 sore Aku antar dia naik mobil ke sta karena dia harus ngajar. Riku nangis waktu dia turun di sta , "kenapa sih om itu harus pulang?"
"ada kerja sayang"
"iya da.... riku mau main terus..."
"Iya nanti datang lagi kok riku"
Tapi riku nangis terus, dan memang dia juga sudah ngantuk sih...

Sesudah aku bujuk, aku ajak riku masuk ofuro, sambil aku rekam film jepang Fancy Dance. Yang main Motoki, aktor favorit ku. Aku sementara itu juga rebahan, karena punggungnya udah mulai sakit dan capek. Hari ini bener-bener kampeki, sempurna masak dan beresin rumahnya hihihi.

Oh ya hr ini juga dapat sms dr andy yang minta anti virus brontok, karena kompi dia kena lagi ... weleehhhh.

No comments: