Tuesday, October 17, 2006

Libur dan pertanyaan Riku

Hari ini aku libur dan riku juga libur. So sudah bisa dipastikan bahwa hari ini aku capek. gawat nih aku ngga akan bisa jadi ibu rumah tangga 100%. ngga akan betah aku di rumah terus dengan urusan rumah tangga.
But anyway hari ini berlalu dengan cepat. Tadinya aku mau ambil formulir pendaftaran. Tapiiiii... aku ajak riku dan dia mau bawa tas, buku dan peralata tulisnya, dan mau ikut langsung belajar. Wahhh gawat bisa-bisa dia meraung-raung ngga mau diajak pulang. So untuk amannya aku ngga pergi, dan aku pikir toh masih ada waktu sampai tanggal 30.

Pertanyaan Riku.... sebetulnya pertanyaan ini diajukan kemarin senin. Lucu deh. Dia duduk di samping aku sambil makan es krim sementara aku seterika. Persis sebelum berangkat ke sekolah.

「ママどうして冷蔵庫は冷たいの?」"Mama kenapa lemari es dingin?"
「冷蔵庫はね、棚みたいだけど、冷たい空気を出せるエンジンがあって、くさりやすいものを入れるためでしょう。だから陸ちゃんはアイスクリームを冷たいまま食べられるの。」
そう聞いて、陸ちゃんは私(ママ)を食べようとしている。賢いか親父ギャグかわからん~。
"Lemari es itu, lemari yang dipasang mesin untuk mendinginkan barang. Jadi bahan makanan yang cepat busuk bisa masuk lemari es. Jadi riku juga bisa makan es krim yang tetap dingin. Tsumetaimama artinya tetap dingin tapi bisa juga mama yang dingin, karenanya riku langsung pura-pura mau gigit aku. hihihi kalo di jepang dibilang candanya bapak-bapak alias ngga lucu :D.

「ママ、どうして人間は動くの?」"Mama kenapa manusia bergerak?"
「ええと。(どこから説明すればいいかを考えながら)
人間はね心臓があるの。その心臓はね、手や足や体全体に血を送るの。だから陸ちゃんの手足が動けるの。たとえ陸ちゃんがじっと黙っていても心臓がずっと動くのよ。心臓が止まったら死ぬの。たとえばひいおばあさんはもう年だから、心臓が疲れて弱くなってそれで死んだんだよ。だけどたとえば陸ちゃんは魚ではないでしょう。そして水の中にずっといると息できなくなって死ぬの。または交通事故とかは血がたくさん出ると、心臓が血を送れなくなっちゃうので、心臓が止まって死ぬの。」確かに生物学だったら私の説明はぜんぜんだめですが、陸が理解できるような範囲で説明しないといけないから心臓と血を利用した。
「それでなんで心臓が動くかと聞くでしょう。それはね、神様からくれたものだよ。生きるというのは神様からもらったものなので、神様に「ありがとう」感謝しないといけないよ。
だから、陸ちゃんはこの前、けがした指が治ったときにお祈りの中で言ったことはとてもいいことだよ。」
"Hmmmm. (Sambil berpikir gimana caranya jelaskan dengan mudah). Riku, Manusia mempunyai jantung. Dan jantung itu mengalirkan darah ke tangan kaki dan seluruh tubuh, Makanya tangan dan kaki riku bisa bergerak. Tapi misalnya Riku diam juga, jantung terus bergerak. Kalau jantung tidak bergerak maka manusia itu mati. Misalnya Oma buyut waktu itu, karena sudah tua, jantungnya melemah dan berhenti. Tapi kalau misalnya Riku masuk ke air, karena riku bukan ikan, riku tidak bisa bernafas di air. Jadi mati. Atau misalkan kecelakaan lalu lintas, banyak darah keluar, jantung tidak bisa mengantar darah lagi, jadi jantung berhenti dan mati"Tentu saja kalau belajar biologi keterangan yang aku berikan pasti ngga cocok, tapi terpaksa pakai yang riku kira-kira bisa mengerti. dan aku tambahkan "Jadi kenapa jantung itu bergerak. Jantung bergerak karena kita dikasih hidup sama Tuhan. Karena itu harus berterima kasih sama Tuhan. Makanya mama senang sekali waktu riku dalam doa makan bilang terima kasih kasih luka yang di jari sudah sembuh.

「ママ、どうしてSt Bernardの犬は助ける犬なの?」"Mama, kenapa Anjing St Bernard dibilang anjing penolong. Rupanya dia ingat anjing yang dia lihat kemarin di Kawagoe Festival. dan Gen bilang itu anjing penolong. Wah wah aku tidak begitu tahu tentang anjing, so ngarang aja yang kira-kira bisa diterima hihihi.
高い山でたくさん雪が降って、倒れる人がいる。それでその犬は首に水が入っているものを倒れる人にあげて、そして村の人々にそこで倒れる人がいるよと教えてくれるよ。パパは昨日Heidyの犬といったでしょう。あの国はね雪がいっぱいあるけど、とてもきれいだよ。たーちゃんはスイスに行ったことあるよ。ママは行きたいなぁ。」「陸も行きたい~」
Di gunung yang tinggi, banyak salju turun, dan banyak orang yang terperangkap salju. Lalu anjing itu kasih minum kepada orang yang jatuh itu dari drum yang diikat di lehernya. lalu anjing itu kasih tau orang-orang di desa bahwa di sana ada orang yang terperangkap salju. Kemarin papa kan bilang anjing itu anjingnya Heidy. Heidy tinggal di negara yang bersalju tapi indah sekali. Ta-chan pernah pergi ke Swiss... mama ingin pergi ke sana. " Lalu riku jawab "Riku juga mau pergi ke sana"

Ffffff sulit banget pertanyaannya. Cuman aku senang dia kelihatannya bisa ngerti penjelasan aku. Dan sekarang aku juga musti siap-siap deh menghadapi pertanyaan dia yang sulit.

No comments: