Saturday, December 09, 2006

Brrrrr


(gambar muka, riku sudah bisa menggambar lengkap mata, hidung, mulut)

gaswat deh hari ini hujan terus dari pagi, udah gitu dinginnya minta ampun deh. Padahal hari ini rencana mau ke gereja. Gimana ya? ??? Jam 2 an aku rebahan di tempat tidur mau istirahat... eee si riku ikut-ikutan jadinya dia ketiduran juga deh. Baru bangun jam 3:15 an. Aku udah mandi dan siap-siap mau pergi, so aku ajak dia untuk ganti baju juga. Dia mulai batuk dan muntahin dahak, so aku siap juga bawa kantong plastik. Pake baju tebal-tebal kita keluar rumah jam 4 kurang.

Dasar hujan jadi jalan gede deket rumah aja macet. Bis yang ke arah sta oiz, ngga datang-datang, aku taunya dari kelompok orang yang tunggu. Tapi yang ke arah kichijoji juga ngga ada. taksi ngga ada. Semua ngga ada. Udah pasti terlambat. udah berapa kali riku ajakin aku pulang aja. But aku pikir biar terlamabat harus pergi. So keputusan aku, kita tunggu di tengah2, mana yang datang duluan kita naikin. Ternyata yang paling cepat datang adalah bus ke kichijoji. Meskipun kita harus berdiri, aku tetap naik. Kebetulan tempat di atas engine kosong, jadi aku kasih duduk riku di siu. Untung aja kalau ngga gempor aku gendong dia terus sampai stasiun kichijoji.

Sampai di kichi kita naik kereta sekitar jam 5. sampai di meguro jam 5:30. wahhh misa udah lewat 30 menit. Tapi waktu kita masuk baru bacaan pertama, so not bad lah.
Selama misa riku berapa kali tanya, mada? belum selesai juga? Tapi riku hebat deh, dia ikut nyanyi dengan menggumam lagu2 di misa hihihi lucu banget.

Tadinya aku mau ikut acara natal yang dimulai jam 7 di gereja besar, dengan acara konser. Tapi berhubung dingin, hujan dan tidak ada umat indo lainnya yang mau pergi so aku batalin dan pulang aja. Mampir beli dagaing di kichi lalu pulang naik taxi, karena yang antri bus sudah buaaanyyyyaaak banget. Akhirnya sampai di rumah jam 8:30 dan kita makan ayam kentucky yang aku beli di kichijoji.

Setelah makan, riku mau belajar menulis. So aku kaish kertas, dan dia coba menulis. Dia mau menggambar kotak dengan penggaris tapi ngga bisa bisa. Jadia kesel sekali, dan marah-marah. Aku bantu dia, tapi dia mau sendiri. So aku biarin, dan saking kesalnya dia nangis. Aku tanya kenapa?
"aku mau bikin sendiri, tapi ngga bisa"
lalu aku bilang " manusia tidak bisa langsung pinta, semua sedikit2 dan bahkan bisa gagal terus. Riku maunya bisa berhasil supaya mama dan papa bisa puji2 kamu terus kan? "Padahal mama dan papa akan tetap sayang riku meskipun riku gagal terus. Manusia harus belajar dari kegagalan"
tapi dia terus nangis, dan dia mulai tendnag aku untuk pergi dari smaping dia.
"Riku benci mama?"... dia mengangguk.
"Kalau riku benci mama ya sudah, ngga papa tapi mama ngga benci riku"Riku sudah capek, makanya lebih baik bobo dulu, nanti kalau seudah bangun pasti bisa segar terus. Mama juga begitu, kalo pekerjaannya gagal terus, sellau tinggalin pekerjaan, santai dulu atau tidur 1-2 jam, pasti sesudah itu bisa genki sekali"
dia tetap mennagis, dan tidak mau dengar.
"Riku chan percaya aja apa yang mama bilang, kalau riku bobo sekarang, pasti nanti kalo bangun akan bisa menulis kotak itu deh. Kalau riku tidak mau percyaa omongan mama, ya riku nanti mau percaya sama siapa?
Dia nangis, karena gagal. dan nangisnya cukup lama sampai gen temanin dia disamping tempat tidurnya, dan bercerita soal binatang dsb. Aku kasih liat binatang2 yang sudah kita liat di jakarta, atau zoo di sini. Senang dia, dan mau ketemu sama iruka (lumba-lumba). dia mau ke akuarium.....

No comments: