Sunday, January 01, 2006

明けましておめでとうございます


Pagi permulaan tahun yang baru, tahun anjing atau bahasa jepangnya 戌年 Inu doshi. Semoga tahun ini lebih baik lagi dari tahun kemarin. Kalau review kembali tahun 2005 untukku rasanya penuh dengan kenangan dan juga perkembangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Jadi ingat di awal tahun 2005 aku mempunyai Plan untuk tahun 2005. Isinya antara lain membuat tulisan-tulisan sehingga aku juga memulai menulis blogs. dan membuat homepage. Ada beberapa rencana yang baru setengah terjalankan dan ada yang sama sekali belum karena kendala waktu. Namun yang terpenting aku sudah berusaha untuk mencapai rencana-rencana yang telah aku buat sendiri. Seperti menulis blog pun, aku merasa ini sebagai kemajuan besar untukku. Karena selama ini aku tidak pernah mau meninggalkan kenangan baik atau buruk dalam bentuk tulisan. I've never writen a diary before. Untukku yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Kenangan itu cukup di dalam kepala saja. Tapi setelah menulis blog, memang aku merasakan manfaatnya untuk diriku sendiri. Selain karena otakku semakin tua dan tidak bisa mengingat segala sesuatu dengan rinci, tapi juga membuatku bisa berlatih menulis. Selain itu dengan blog juga membuatku bisa belajar bahasa komputer html. Aku ingat pertama kali berkenalan dengan html waktu Maeda san minta aku untuk menulis homepage untuk kantornya. tapi mandeg berhenti tengah jalan karena aku malas mempelajarinya. Lebih enak memakai soft yang sudah jadi.
So, apa rencana tahun ini? Yang pasti aku harus mengisi waktuku yang lebih banyak di rumah karena banyak pekerjaan yang kukurangi. singkatnya aku bisa jalankan rencana 2005 yang tengah jalan atau belum terlaksana dengan BELAJAR dan MENULIS. Harus berusaha mencukupi kebutuhan rumah tangga dengan pemasukan dari Gen saja. dan berarti aku tidak bisa mengirim dana bantuan sembarangan ke indonesia. Semoga saja ada pekerjaan lain yang bisa kukerjakan di rumah.
Terima kasih Tuhan atas tahun 2005 yang Indah, dan mohon lindungan Mu di tahun yang baru.

Gen dan riku bangun kira-kira jam 10 pagi. Makan BRUNCH berupa osechi ryori sambil aku mempersiapkan makanan yang mau dibawa ke rumah mertua, yokohama. Mandi jam 1 dan membersihkan rumah karena Riku tertidur. Untung saja dia bisa tidur siang, karena pasti hari ini panjang.... Pagi jam 9 sudah dapat email dan telepon dari okasan bahwa mereka sudah menuju ke rumah dari hotel tempat mereka melewatkan malam tahun baru dan harap datang secepatnya. Yang pasti mereka sudah minum-minum terus dari pagi.

Akhirnya baru bisa keluar rumah jam 4 sore lewat. Gen menggendong riku dan aku menggendong bawaan makanan. Lumayan berat, seperti orang pindahan saja. Sampai di kichijoji, aku dan riku menunggu di depan stasiun karena Gen mau membeli buku dulu untuk oleh-oleh kepada teman yang di Amerika. Dua buah buku yang sama, berjudul いっすんぼし issun boshi, satu untuk Riku dan satu untuk diberikan. Riku kalau melihat buku pasti minta dibacakan, so dalam kereta kita bacakan buku itu bergantian, aku dan gen. Untung kereta waktu itu tidak penuh. Maklum 元旦 tanggal 1 jadi sedikit orang yang mau ke luar rumah. Yang pergi ke luar rumah biasanya yang akan pergi ke rumah saudara atau bersembahyang di kuil 初詣. Karena itu juga sulit mendapatkan taksi di stasiun hiyoshi karena jumlah taksi yang beroperasi juga kurang.

Kita sampai di Takada jam 7 lewat 20 malam. Langsung minum sake dan makan sukiyaki. Daging sukiyakinya khusus dari Imahan. hmmm pasti mahal deh. Ada harga ada barang... memang dagingnya lembut sekali. Aku tidak begitu banyak minum sake saat itu, atau minum banyak tapi tidak mabuk hheheheh.
Riku bermain dengan Om dan tantenya Gen yang ikut merayakan Tahun Baru di yokohama. Mereka tinggal di Wakayama, kira-kira 2jam dari Osaka. Orang tua semua sudah capek dan mabok, tapi riku genki terus. Jadi ketika jam sudah menunjukkan pukul 11 malam, aku paksa riku untuk tidur. Tapi sebelum tidur Okasan mengeluarkan baju kimono bekas otosan (bapaknya Gen) waktu beliau berumur 5 tahun an. Jadi kimono itu sendiri sudah berumur 60 tahunan. Sayang Riku sudah agak ngantuk waktu dipakaikan sehingga tidak menunjukkan muka manis nya waktu di foto.

No comments: