Monday, June 19, 2006

AADC


Hari ini puter film AADC di KOI. Yang datang hanya sekitar 20 orangan. Dan makan nasi soto sambil nonton film. Filmya pinjem DVDnya gen karena ada script bahasa jepangnya. Peserta yang nonton kebanyakan masih level rendah sehingga perlu ada tulisan bahasa Jepangnya. Kalo ngga bengong deh. Emang sih kalo menurut aku film ini tidak bagus dipakai untuk mengajar bahasa Indonesia. Lah, anak-anak SMA di Indonesia mana ada yang bicara pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.... bahasa baku membuat kaku kan....

Selama pemutaran film, aku baca bukunya djenar maesa ayu...cerita pendek tentang cerita cinta pendek. nah loh. Dari judulnya sebetulnya udah ketebak, bahwa cerita cinta pendek yang platonik. Isinya ...hmmm untuk ukuran Indonesia vulgar deh. Hebat juga dia berani tulis seperti itu. Cuman, kesannya monoton. selalu wanita yang menjadi obyek, korban dan alur ceritanya kurang bervariasi. Emang sih kata Hshikawa san yang kasih pinjam buku itu, cerita2nya banyak dipakai untuk masalah kekerasan perempuan. Aku jadi pingin baca buku-bukunya yang lain deh. Buku itu aku baca dalam satu jam, karena mudah. Bahasanya juga lugas, meskipun pakai perumpaan juga tidak njlimet. But, kayaknya aku bisa ngerti juga deh kenapa akhirnya si pengarang cerai dengan suaminya di real. Pasti sang suami juga merasa risi atau kurang bisa memahami kenapa dia menulis sex seperti itu. Karena menurut aku, karangan itu adalah perwujudan angan-angan penulis atau pengungkapan kehidupan. Tidak mungkin penulis itu terlepas dari latar belakang kehidupannya sendiri. Anyhow, buku itu tidak aku sarankan untuk orang yang mencintai keindahan dan senang dengan happy end...hihihi.

No comments: