Thursday, July 20, 2006

Rumah sakit

Pagi aku bangun jam 6 seperti biasa karena alarm berbunyi. Aku masih harus menyiapkan berita untuk rekaman. Kepala senut senut...sakit sekali, tapi aku minum obat dan paksakan untuk kerja. Aku bangunkan gen jam 7 kurang, tapi dia tidak bisa bangun. Dia bangun sekitar jam 8 dan aku bilang lebih baik tidak usah kerja. Buat apa merusak badan dan kapan lagi sih melakukan sesuatu untuk keluarga. Akhirnya dia putuskan untuk libur. Dan dia akan antar aku kerja (karena cuman 30 menit) lalu setelah itu kita ke RS besuk mama gen.

Aku rekaman jam 1 , selesai dalam 20 menit, langsung cabut ke restoran cabe. Kepala masih sakit, tapi aku pikir karena kebanyakan menangis. Setelah makan di cabe jam 2 siang, sakit kepala bisa berkurang sedikit. Mungkin badan kurang kalori. Di resto itu lucu, riku makan soto dengan sambal dan nasi. Udahs eperti orang indonesia saja. dan dia makan banyak sekali. Aku makan kwetiauw dan sebagai desert aku pesan mango puding. Untuk riku.... dan riku ngga mau bagi ke aku. so aku bilang... mama akan beli desert sendiri. Aku minta bubur ketan hitam pakai es kelapa. wow, enakkkkkkkk ...mahal sih harganya 680 yen tapi enak. Jadi pingin beli ketan hitam nanti kalo pulang ke idnonesia. Si Riku juga suka, dan gen yang tidak biasanya suka desert juga suka. Jadi bertiga makan satu piring kecil bubur kcang hitam.


Sesudah itu kita menuju ke RS Shidai byouin untuk besuk mamanya gen. surprised. but aku legaaaaaaaaaaaaa sekali karena ibunya kelihatan sehat dan tidak terlalu sedih. sempat membuat foto ibunya gen dan kirim ke ryoko untuk membuktikan bhw dia sehat.
Jam 6:20 an kita pulang, tapi sesudah keluar dari RS dapat telpon dr mamanya gen bhw dokternya datang dan bisa memberikan keterangan kalau bisa kita dengarkan ttg penyakit mama. Jadi kita kembali lagi ke RS, dan mendengarkan penjelasan dokter. Hebat yah RS di jepang semua data pasien ada dalam komputer, dan kita bahkan bisa melihat film keadaan waktu jantung itu beri balon. Banyak kata2 istilah kedokteran yang dipakai, tapi aku masih bisa ikuti semua penjelasan. Mungkin karena aku ada pengalaman dengan papa yang pernah bypass jantung th 1989. Ada beberapa nama obat. dan aku sempat menanyakan satu kemungkinan yaitu karena darahnya dibuat tidak mudah menggumpal, berarti ada kemungkinan darah akan lambat membeku kalau mama terluka. Dan dokter katakan itu mungkin. butuh waktu lebih lama untuk menghentikan darah jika luka, dan ada kemungkinan cepat terjadi biru-biru kalau badan terbentur sesuatu. Waktu dokter menjelaskan riku juga kadang dengan wajah serius ikut manggut manggut... lucu deh. sayang aku ngga bisa ambil foto.

Kita keluar RS lagi jam 8, dengan tujuan Bikkuri Sushi. Sesudah di renovasi ini pertama kali kita pergi ke sana. yummy... rasanya mendapatkan energy baru. Riku juga makan banyak tapi karena nangis dimarahin papanya, keluar deh apa yang sudah dimakan. Dia dimarahi karena makan sushi bagian aku. Untuk aku sih gpp, tapi gen mau ajarkan riku bhw dia tidak boleh ambil bagian orang lain. Karena riku muntah, dia pesan lagi 2 sushi yang sama , satu untuk aku dan satu untuk riku. padahal aku udah kenyang sekali..... helpppp. Aku kasih makan riku dengan sumpit. eh, riku ambil sumpit aku dan kasih makan aku dengan sumpit bagian aku. rasanya pengen nangis deh. sampe gen bilang....nah itu baru riku yang baik yang seperti biasanya yang selalu pikir orang lain. Riku harus pikir mama juga.

Anyhow, satu hari sudah berlalu lagi, dan kita sampai di rumah jam 11 malam. Tapi dengan perasaan agak lega karena mengetahui keadaan mama yang sudah sehat. Dan sedikit demi sedikit bisa menghilangkan trauma kematian nenek. Aku langsung bobo malam ini....

No comments: